Cara Mengangkat Kelinci yang Benar

Bagaimana cara mengangkat kelinci yang benar? Kita pastinya ingin bermain-main dengan kelinci yang dipelihara. Kelinci yang begitu imut dan lucu ini tampak menggemaskan sekali ketika kita ajak berlarian. Pada suatu ketika, kita juga tertarik untuk mengangkat kelinci tersebut. Ternyata untuk mengangkat kelinci dibutuhkan perlakuan yang benar serta tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Salah kaprah yang kerap dilakukan oleh banyak orang ketika mengangkat kelinci yaitu memegang kedua telinganya lalu mengangkatnya begitu saja. Sebenarnya ini termasuk salah satu bentuk penyiksaan terhadap kelinci. Anda dilarang keras untuk mengangkat kelinci dengan memegang kedua telinganya. Sebab sama seperti manusia, telinga kelinci pada dasarnya lemah dan tidak mampu menopang beban badannya.

Kelinci yang sering diangkat menggunakan kedua telinganya akan mengalami kerusakan pada sistem saraf yang terdapat di sekujur telinga tersebut. Apalagi jika saat diangkat telinganya, kelinci tadi tampak meronta-ronta, kerusakan sistem saraf yang terjadi dapat begitu parah. Bahkan tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan mengakibatkan timbulnya cacat permanen serta bentuk kepala kelinci akan miring.

Jangan pernah juga mengangkat kelinci dengan memegang kedua kaki belakangnya. Coba Anda bayangkan sendiri bagaimana perasaan yang dialami saat kepala berada di bawah dan kaki di atas? Pusing karena peredaran darah menjadi terganggu. Begitu pula dengan kelinci yang Anda perlakukan seperti itu. Akibat yang paling buruk, organ bagian dalam kelinci tersebut juga bisa mengalami kerusakan yang fatal.

mengangkat-kelinci-yang-benar.jpg

Mulai sekarang biasakanlah untuk mengangkat kelinci kesayangan Anda dengan posisi yang benar. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya :

  1. Posisikan salah satu telapak tangan Anda ke bagian dada kelinci, boleh tangan sebelah kanan atau kiri. Kemudian posisikan juga tangan Anda yang satunya lagi di bagian belakang kelinci.
  2. Dorong bagian dada kelinci ke atas agar posisi badannya seolah-olah berdiri. Anda tetap wajib memegangi bagian dada tersebut. Pada saat Anda mendorong badan kelinci ini, tangan satunya lagi harus sigap menahan tendangan dari kaki bagian belakang kelinci dan menopang bobotnya.
  3. Angkatlah kelinci dengan gerakan yang perlahan-lahan sampai posisi tubuhnya seperti berdiri dengan letak kepala lebih tinggi daripada ekornya. Kalau sudah begini biasanya kelinci akan menjadi tenang dan tidak meronta-ronta lagi. Usahakan jangan memegang kelinci dengan cengkeraman yang terlalu kuat hingga menghentikan peredaran darahnya.
  4. Anda boleh memegang kelinci hanya dengan menggunakan satu tangan saja. Asalkan kelinci tersebut berasal dari ras yang memang berukuran kecil atau usianya masih sangat muda sehingga posturnya pun mungil. Posisikan empat jari tangan Anda menopang dada kelinci, sedangkan ibu jari berada di pundak kelinci untuk memegangi tubuhnya.