Tips-tips Merawat Bulu Kelinci Anggora

Butuh tips untuk merawat bulu kelinci anggora biar tidak kusut? Kelinci anggora termasuk binatang peliharaan yang kami rekomendasikan karena mempunyai sifat yang sangat jinak. Daya tarik utama dari binatang ini yaitu bulunya yang panjang. Sekilas memang kelinci persia yang mempunyai rambut panjang ya. Tetapi kelinci anggora ini bisa dipelihara oleh anak-anak sebab aman.

Sayangnya perawatan bulu kelinci anggora jauh lebih sulit ketimbang kucing persia. Sebab kucing mampu merawat rambunya yang panjang sendiri, tidak seperti kelinci yang hampir sama sekali tidak pernah merawat rambutnya. Itulah kenapa jika Anda malas-malasan dalam memelihara kelinci anggora dijamin bulunya pasti akan kusut bahkan sampai gimbal. Penyebab utamanya ialah kondisi kandang yang lembab, baik disebabkan oleh air minum, air hujan, maupun air seni kelinci itu sendiri.

merawat-bulu-kelinci-anggora.jpg

Berikut ini kiat-kiat yang perlu Anda lakukan untuk merawat bulu kelinci anggora :

  1. Jagalah kondisi kebersihan kandang setiap saat. Minimal Anda harus memastikan supaya kandang tersebut tidak lembab serta tidak ada genangan air. Tetapi saran ini bukan berarti Anda harus membuat kondisi kandang terasa panas. Sebab cuaca yang panas akan membuat bulu-bulu kelinci tersebut mudah rontok.
  2. Bersihkan bulu kelinci menggunakan blower atau hair dryer. Caranya dimulai dengan menyisir rambut kelinci, memakai blower/hair dryer untuk meniup rambutnya, memberikan bedak khusus, lalu menggunakan blower lagi untuk menghilangkan bedak.
  3. Sisir bulu kelinci anggora sesering mungkin supaya tidak kusut. Jika Anda terlalu sibuk, setidaknya Anda bisa menyisir bulu kelinci ini sebanyak 2 kali sehari. Dengan menyisirnya setidaknya Anda juga telah membangun hubungan batin yang kuat dengan kelinci tersebut.
  4. Tidak ada salahnya Anda bermain-main dengan kelinci-kelinci peliharaan. Tapi kalau bisa jauhkan kelinci tadi dari tempat yang basah. Hindari pula mengajak kelinci bermain dengan air hujan sebab akan membuat kondisi kesehatannya ikut menurun. Kelinci yang terlanjut basah harus segera dibersihkan sesegera mungkin, lalu dikeringkan.
  5. Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin E pada kelinci anggora kesayangan Anda. Vitamin E dinilai sangat ampuh untuk menjaga bulu kelinci supaya tetap bagus. Anda bisa mendapatkan pakan yang kaya akan kandungan vitamin E di dalamnya berupa pelet kering atau sayur-mayur.
  6. Kelinci yang belum pernah dipotong bulunya perlu dicukur secara total dengan menyisakan bulunya sepanjang 1-2 cm. Nantinya bulu kelinci akan tumbuh jauh lebih bagus selama 6-7 bulan ke depan. Berikutnya Anda perlu merapikan bulu kelinci ini secara berkala dengan memotong secukupnya setiap 2-3 bulan sekali.
  7. Kelinci yang sudah berusia 3 bulan bisa dimandikan supaya aromanya lebih wangi dan bulunya pun mendapatkan asupan nutrisi yang optimal. Jangan pernah memandikan anak kelinci yang masih terlalu muda sebab daya tahan tubuhnya sangat lemah. Mulailah dengan membasuh tubuh kelinci memakai air hangat, membasahi dengan air sampai terbiasa, baru boleh disiram dan diberi sampo.