3 Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan

Apakah penyebab kelinci tidak mau makan yang sebenarnya? Memelihara kelinci bisa menjadi sebuah hobi yang sangat menyenangkan. Tingkah laku kelinci yang sangat lucu akan menghibur kita setiap hari selepas dari pulang beraktivitas. Kelinci pun tidak susah untuk diajak bermain. Cukup dengan menyodorkannya sayur-sayuran, maka kelinci tadi akan langsung datang menghampiri kita.

Tetapi apa jadinya kalau kelinci yang biasanya tampak ceria berubah menjadi lesu dan murung? Kelinci yang pada mulanya senang bergerak ke sana kemari tiba-tiba hanya mau berdiam diri saja di salah satu sudut ruangan. Besar kemungkinannya kelinci tadi sedang mengalami masalah. Entah itu stres atau penyakit yang membuat nafsu makannya menurun. Namun kelinci yang mogok makan bisa juga disebabkan karena ia memang tidak doyan dengan pakan yang Anda berikan.

kelinci-tidak-mau-makan.jpg

Sebagai peternak, Anda wajib memperhatikan perhatian terhadap kondisi dan perilaku kelinci-kelinci yang dimiliki. Apabila ada kelinci yang tidak mau makan, segeralah cari tahu apa penyebab yang sebenarnya agar Anda bisa memberikan penanganan yang tepat. Setidaknya terdapat tiga penyebab utama dari masalah ini, di antaranya :

Penyebab I : Kelinci Sedang Stres

Ternyata tidak hanya manusia yang bisa mengalami stres lho, bahkan batin kelinci pun bisa menjadi tertekan jika sedang menghadapi masalah yang serius. Kelinci yang stres bisa dikarenakan oleh banyak faktor. Contohnya kondisi lingkungan kandang yang tidak ideal, adanya predator di sekitar kelinci tadi, atau kelinci yang kurang mendapatkan perhatian dari Anda. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa melepaskan kelinci ini di kandang umbaran dan memberinya pakan berupa hijauan.

Penyebab II : Pakan Tidak Cocok

Anda perlu mengubah pakan kelinci secara berkala untuk memenuhi kebutuhan gizinya, mencegah kebosanan, dan menghemat anggaran. Tetapi kadang-kadang ada jenis pakan yang kurang disukai oleh kelinci. Akibatnya kelinci tersebut pun sama sekali enggan memakannya. Solusinya adalah Anda bisa mencampur pakan yang tidak cocok ini dengan pakan yang disukai kelinci. Bisa juga dengan menambahkan madu, gula, atau susu secukupnya pada pakan tadi.

Penyebab III : Kelinci akan Sakit

Salah satu gejala awal kelinci yang akan menderita penyakit ialah nafsu makannya menurun drastis. Kelinci yang menunjukkan tanda ini sebaiknya dipindahkan ke kandang karantina agar tidak menularkan penyakitnya ke kelinci-kelinci yang lain. Kemudian Anda bisa memberinya obat-obatan yang tepat serta vitamin untuk meningkatkan sistem imunitasnya. Bila perlu, kelinci tersebut pun bisa disuapi susu untuk menjaga ketersediaan cairan di dalam tubuhnya.