Cara Tepat Mengatasi Kelinci yang Sakit Pilek

Bagaimana cara mengatasi kelinci yang sakit pilek? Tahukah Anda kalau kelinci juga bisa terkena pilek sama seperti manusia. Gejala-gejala dari penyakit ini yaitu hidung berair, dagunya basah dan berbau, serta mukanya tampak kusut. Nafsu makan kelinci tersebut pun akan menurun drastis dan nafasnya berbunyi seperti tersendat-sendat.

Penyebab utama penyakit pilek pada kelinci adalah bakteri Pasteurella multocida. Bakteri ini secara umum akan menyerang sistem pernapasan. Adapun istilah medis tentang penyakit pilek yang menyerang kelinci yaitu pasteurellosis. Sedangkan jika sudah mengganggu ke sistem pernapasan hingga mengakibatkan komplikasi saluran pernapasan kronik disebut CRD complex (Complicated Chronic Respiratory Disease).

Penyakit pilek termasuk wabah yang sangat berbahaya karena dapat menular ke kelinci lain dengan tempo yang relatif cepat. Bahkan jika tidak ditangani dengan benar, penyakit ini juga dapat menular ke manusia lho. Terjadinya perubahan cuaca secara ekstrim akan turut memperparah penyakit pilek ini. Kelinci yang dibiarkan sakit lama-kelamaan akan mengalami sesak nafas yang hebat hingga berujung ke kematian secara mendadak.

cara-mengatasi-kelinci-pilek.jpg

Pengobatan secara Alami

Kelinci yang sedang terkena pilek bisa diobati menggunakan bahan-bahan alami. Anda cukup menyediakan jahe, gula jawa, dan air panas. Mulailah dengan memarut jahe. Kemudian larutkan gula jawa ke dalam air panas. Lalu masukkan parutan jahe ke dalam cairan gula jawa, aduk sampai tercampur rata. Diamkan sebentar sampai suhu ramuan ini menjadi normal. Barulah Anda bisa memberikannya kepada kelinci setiap pagi dan sore hingga sembuh.

Obat untuk Kelinci Pilek

Pemberian antibiotik akan meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh kelinci untuk melawan penyakit pilek. Biasanya untuk pengobatan pada kasus penyakit yang masih ringan, Anda cukup memberikannya sekali saja. Namun bila penyakit sudah bertambah parah, berikan antibiotik kepada kelinci hingga sekitar 3-5 hari. Apabila dalam rentang waktu tersebut kelinci masih tampak sakit pilek, Anda bisa memberikannya obat khusus, baik yang berbentuk serbuk maupun injeksi. Obat ini bisa Anda dapatkan di toko binatang peliharaan.

Bagaimana kalau menggunakan obat buat manusia untuk menyembuhkan kelinci yang sakit pilek? Sebenarnya obat pilek untuk manusia bisa juga digunakan untuk kelinci. Namun dosis dalam satu takaran itu terlalu banyak untuk kelinci. Sehingga dikhawatirkan jika Anda memberikan obat tersebut, sistem imun kelinci tidak bisa menerimanya dan kondisinya justru semakin lemas. Obat untuk manusia ini hanya boleh diberikan kepada kelinci dalam kondisi yang mendesak. Dosisnya pun sangat sedikit dengan takaran obat maksimal sama seperti buat anak-anak.