5 Cara Menyembuhkan Kelinci yang Lumpuh

Bagaimana cara menyembuhkan kelinci yang lumpuh? Penyakit lumpuh bisa menimpa setiap kelinci yang kita budidayakan. Terjadinya penyakit ini biasanya secara tiba-tiba dalam artian tidak ada gejala awal yang tampak mencolok pada kelinci yang akan lumpuh. Malahan kelinci yang pagi harinya terlihat sehat dan segar-bugar, tetapi sore harinya terkena kelumpuhan.

Dalam dunia medis, penyakit lumpuh yang menyerang kelinci dikenal dengan istilah milk fever. Penyebab utamanya ialah tulang kekurangan zat kalsium. Kelinci yang paling sering terkena lumpuh ialah kelinci yang baru melahirkan, kelinci yang sedang menyusui, dan kelinci remaja yang berusia sekitar 2-3 bulan. Pencegahannya dapat dilakukan dengan memberikan pelet yang kaya akan kalsium.

cara-menyembuhkan-kelinci-lumpuh.jpg

Kelinci yang terkena kelumpuhan harus diobati sesegera mungkin. Jika tidak, penyakit ini akan semakin parah hingga berujung pada kematian. Beberapa tindakan yang perlu dilakukan guna menangani kelinci yang lumpuh antara lain :

  1. Vitamin D sangat berguna untuk mengembalikan kondisi kelinci yang sakit lumpuh. Anda bisa mendapatkan vitamin D secara gratis dari sinar matahari pada pukul 7-9 pagi. Selama kelinci sakit Anda bisa menjemurnya setiap hari. Kemudian pasang pula bohlam yang berdaya minimal 25 watt agar kelinci tersebut tetap mendapatkan vitamin D pada malam hari. Perlu diketahui, vitamin D akan diproduksi oleh tubuh di lapisan kulit.
  2. Kelumpuhan juga bisa terjadi pada kelinci yang kekurangan air minum. Akibatnya proses absorpsi kalsium di dalam usus halus tidak dapat berlangsung dengan baik. Berikan air pada kelinci yang sedang lumpuh secukupnya secara teratur. Hindarkan pula dia dari air embun karena tidak bagus untuk kesehatannya.
  3. Kalsium yang diolah di dalam usus kelinci tidak boleh dalam kondisi mengendap atas sebab bahan makanan lain. Namun karena kekurangtahuan peternak akhirnya kelinci diberikan pakan yang dapat mengakibatkan terjadinya gumpalan kalsium oksalat yang tidak mudah dicerna oleh usus. Hal ini menyebabkan tulang akan kekurangan kalsium. Beberapa pakan yang harus Anda waspadai di antaranya kangkung, bayam, daun katuk, dan rumput setaria.
  4. Kelinci yang kelebihan lemak memang dapat mengakibatkan timbulnya banyak penyakit. Tetapi kalau kelinci tadi kekurangan lemak, kelinci akan mengalami kelumpuhan. Lemak dibutuhkan oleh tubuh kelinci sebagai media pengangkutan vitamin D ke seluruh tubuh. Jadi usahakan Anda menakar dengan benar berapa kandungan lemak yang terdapat di dalam pakan kelinci.
  5. Menurunnya nafsu makan membuat kelinci enggan mengonsumsi apapun hingga akhirnya kekurangan nutrisi. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam. Tapi faktor yang paling kuat ialah kelinci sedang terkena penyakit. Sebaiknya Anda segera memberikan pengobatan yang tepat supaya penyakit tersebut tidak bertambah parah hingga membuat kelinci menjadi lumpuh.