Cara Memberikan Pakan Kepada Kelinci

Bagaimana cara memberikan kepada kelinci? Kelinci adalah binatang herbivora. Ini artinya kelinci hanya mau memakan tumbuh-tumbuhan. Anda bisa memberinya pakan berupa rumput, sayuran, dan biji-bijian. Sesekali kelinci juga perlu diberikan pelet sebagai variasi makanan sekaligus pemenuh kebutuhan gizinya.

RUMPUT

Kelinci di habitat alaminya memakan rumput-rumputan. Sedangkan untuk kelinci ternak, Anda bisa memberikannya rumput pada sore hari. Jumlah rumput yang diberikan pun wajib disesuaikan dengan berat badan kelinci agar jangan sampai berlebihan. Di antara berbagai jenis rumput yang ada, rumput yang paling baik untuk kelinci adalah rumput timothy.

Rumput timothy mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi sehingga akan berpengaruh baik terhadap sistem pencernaannya. Boleh juga Anda memberikan rumput jerami tetapi harus dilayukan terlebih dahulu dan jumlahnya pun jangan terlalu banyak. Apabila rumput yang akan diberikan kepada kelinci tersiram air hujan, Anda perlu menjemurnya untuk membuatnya kering.

memberikan-pakan-kepada-kelinci.jpg

SAYURAN

Sayuran bisa Anda berikan sebagai pakan utama bagi kelinci yang dibudidayakan. Selain pilihannya beragam dan kandungan nutrisinya cukup lengkap, kita pun lebih mudah menemukan sayur-mayur di pasar. Sayuran sangat bagus untuk kelinci karena dapat mengurangi kadar serat dalam pakan rumput sehingga kinerja sistem pencernaan kelinci pun lancar. Anda bisa memberikan sayuran pada siang hari dengan porsi sekitar 3-7 lembar untuk setiap kelinci.

Jenis sayuran yang paling cocok untuk kelinci adalah wortel dan sosim. Hindari memberikan kangkung atau kubis terlampau sering sebab kedua sayuran ini mengandung kadar air cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan kelinci terkena penyakit diare. Dilarang keras memberikan pakan kelinci berupa sayuran yang masih segar sebab kandungan airnya masih terlalu banyak. Anda perlu menjemur sayuran tadi di bawah matahari langsung selama seharian biar mengering dan kandungan airnya pun sangat sedikit. Justru sayuran yang sudah kecokelat-cokelatan ini yang aman dikonsumsi kelinci.

ALTERNATIF

Biji-bijian hanya berfungsi sebagai makanan selingan supaya kelinci tidak merasa bosan dengan pakan yang diberikan untuknya. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam biji-bijian juga akan mencukupi kebutuhan gizi kelinci tersebut. Pilihan untuk pakan yang berbentuk biji atau umbi yaitu jagung muda, singkong, dan ubi jalar. Makanan ini paling pas diberikan pada waktu malam hari. Pakan alternatif lain yang bisa diberikan untuk kelinci ialah bekatul yang telah direbus terlebih dahulu supaya higienis.

Apabila Anda mempunyai dana yang cukup banyak, tidak ada salahnya juga untuk membeli pelet untuk kelinci peliharaan. Usahakan belilah produk pelet yang ditujukan khusus untuk kelinci sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Sebisa mungkin hindari memberikan pelet ikan untuk kelinci, meskipun beberapa kelinci ada yang doyan mengonsumsi pelet tersebut. Ingat, pelet merupakan pakan alternatif yang hanya boleh diberikan sesekali. Pemberian pelet yang terlalu berlebihan akan menimbulkan masalah serius pada sistem pencernaan kelinci.