Penyebab Bulu Kelinci Gimbal dan Cara Mengatasinya

Apakah penyebab bulu kelinci menjadi gimbal? Bagaimana pula cara mengatasinya? Pada dasarnya, kelinci mempunyai bulu yang halus dan lembut. Namun karena faktor tertentu, bulu tersebut akan berubah menjadi kusut dan tidak sedap dipandang mata. Bagi peternak, menjual kelinci yang bulunya tidak bagus akan mengurangi nilai jualnya. Pembeli kelinci hias selalu mengutamakan kondisi bulu dalam pemilihannya.

Tahukah Anda, penyebab utama bulu kelinci berubah menjadi gimbal ialah air seni kelinci itu sendiri. Hal tersebut tidak terlepas dari kebiasaan binatang ini yang suka membuang kencing sembarangan. Lambat laun alas kandang pun akan kotor dan merembet mengotori bulu kelinci hingga menyebabkan kerusakan. Masalah serius bisa terjadi manakala kondisi alas kandang basah oleh air seni sampai mengenai bulu dan mengakibatkannya gimbal.

Bulu kelinci hias yang gimbal tentu akan mengakibatkan penampilannya kelihatan tidak menarik. Bahkan karena saking jeleknya, tidak ada pembeli yang mau menyentuh kelinci hias tersebut. Oleh karena itu, Anda wajib mengatasi bulu kelinci yang gimbal tersebut dalam waktu yang sesegera mungkin. Tetapi bagaimana langkah-langkah caranya yang paling tepat ya?

penyebab-bulu-kelinci-gimbal.jpg

Sebenarnya mudah sekali kok untuk mengatasi bulu kelinci agar tidak gimbal. Hanya saja proses pemulihannya yang akan memakan waktu lama. Anda bisa memulainya dengan memegangi kelinci tersebut dengan kuat terlebih dahulu. Kemudian carilah bulu yang kondisinya sudah gimbal. Biasanya gimbal pada bulu kelinci terjadi dalam area yang cukup luas dan hampir sampai ke bagian pangkal bulu.

SOLUSI

Metode yang paling tepat untuk menghilangkan bulu gimbal pada kelinci yaitu pemangkasan/pencukuran pada bulu yang telah rusak tadi. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memakai gunting, tanpa alat cukur. Guntinglah bulu kelinci yang gimbal tadi sampai ke bagian pangkal rambutnya. Hati-hati saat memotong bulu tersebut, jangan sampai melukai kulit kelinci. Sebaiknya pemangkasan ini hanya dilakukan pada bagian bulu yang gimbal saja. Sebab kalau Anda mencukur habis bulu kelinci tadi sampai gundul, maka ia akan sulit melindungi tubuhnya dari cuaca. Setelah selesai dipotong, bulu kelinci tadi akan tumbuh normal kembali sekitar 3-4 minggu dengan kondisi yang halus, bersih, dan lembut.